Laris Manis Kaos Bung Karno di Kongres PDIP

Kaos bergambar Soekarno di Kongres III PDIP
Sumber :
  • Peni Widiarti | VIVAnews

VIVAnews -- Kongres III PDI Perjuangan di Bali, 6-9 April 2010 dimanfaatkan para pedagang untuk meramaikan momentum lima tahunan ini. Pantauan VIVAnews, pedagang kaos bergambar Bung Karno mendominasi area kongres, selain ada juga yang menjajakan pernak-pernik.

Sebut Ima, 34 tahun, pedagang kaos asal Blitar Jawa Timur mengaku tiba di Bali sebelum Kongres PDIP dimulai. Dengan membayar Rp 1,2 juta, ia pun bisa menyewa lapak plus tenda selama kongres berlangsung.

Datang ke Bali, Ima pun mengaku menggunakan kendaraan sendiri untuk mengangkut barang dagangannya, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu mahal.

"Biaya sewa yang saya keluarkan setara dengan pendapatan yang didapat, bahkan meningkat dua hingga tiga kali lipat," ujarnya berseloroh.

Selama ini, Ima mengaku biasa berdagang kaos bergambar Bung Karno dan Megawati di area makam Bung Karno di Blitar.

Dengan adanya moment ini, dia pun memutuskan untuk hijrah, dan berharap memperoleh keuntungan lebih dari biasanya.

"Biasanya sehari dapat Rp 2 juta, bahkan kurang dari itu. Tapi, disini (Kongres III PDIP di Bali) saya bisa dapet Rp 10 juta," tuturnya. "Alhamdulilah naik, bisa nyampe 10 juta, bahkan ada juga turis-turis yang tertarik dengan kaos bergambar Bung Karno,"

Harga yang ditawarkan pun tidaklah mahal, mulai dari Rp 25 ribu, hingga Rp 75 ribu. Dengan harga yanmg terjangkau, sehari bisa menghabiskan lebih dari 5 lusin, atau sekitar 50 kaos lebih.

Ima juga mengaku sering memanfaatkan event lain selain dari PDIP, contohnya pada event dari Demokrat, namun Ima mengaku tidak menjual T-shirt atau pernak-pernik lain yang bergambar lambang Demokrat maupun sketsa SBY.

"Kalau saya bikin kaos bergambar SBY pas acara Demokrat, suka gak habis, jadi saya hanya dagang baju batik saja saat acara Demokrat atau lainnya. Kalau kaos gambar Soekarno kan bisa dijual lagi di Makam Bung Karno, toh masih banyak peziarah yang selalu datang ke Makam," ujarnya.

Laporan: Peni Widarti | Bali

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
bantuan untuk warga Gaza

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Meski tengah berduka, Rusia mengatakan pihaknya tetap mengirimkan lebih dari 29 ton bantuan kemanusiaan ke pada warga Palestina di Jalur Gaza yang tengah dilanda perang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024