Artis Ramaikan Pilkada, Politisi Salahkan UU

VIVAnews - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sulawesi Selatan, Aksa Mahmud mengkritisi maraknya artis yang maju dalam pemilihan umum kepala daerah (Pilkada). Menurut anggota komisi I DPD yang membidangi otonomi daerah dan pilkada ini, banyaknya artis mencalonkan diri menjadi bupati atau wakil bupati karena lemahnya UU.
 
“Jangankan artis, tukang becak, tukang bakso dan lainnya pun bisa mencalonkan diri. Yang penting lulus SMA dan punya popularitas,” tegas Aksa Mahmud di Makassar, Sabtu 3 Maret 2010.

Padahal, tambah Aksa, popularitas tak bisa indikasi utama orang bisa dipilih. Yang utama adalah karakter, kemampuan dan trade record.

Namun  politisi Partai Golkar ini tidak menyalahkan artis yang mau menjadi calon bupati maupun calon wakil bupati. “Yang salah adalah aturannya (UU). Jadi saya dalam posisi sulit untuk bisa menyalahkan orang yang mau maju,” kata ipar Jusuf Kalla ini.

Meski begitu, Aksa berharap rakyat lebih bisa memilah siapa yang akan mereka pilih nanti. Aksa juga mengingatkan, bahwa pilihan yang tepat akan membuat daerah yang dipimpin calon tersebut lebih baik. Sebaliknya, jika salah memilih pemimpin, bisa jadi si pemimpin bakal salah urus.

Soal artis yang tiba-tiba mau jadi pejabat Negara, Aksa mengatakan, rakyat pemilih menjadi penentu utama. “Jika memang ingin ramai-ramai menjadi penyanyi, maka pilihlah artis. Jika ingin maju dan baik, maka pilihlah pemimpin yang punya potensi dan kredibel. Sebab jangan sampai daerah tersebut salah urus selama lima tahun," kata dia.

Saat ini sejumlah artis menyatakan siap bertarung dalam pilkada. Yang paling gres adalah Julia Perez dan pedangdut Cici Paramida. Keduanya siap meramaikan pilkada Pacitan. Sebelumnya mantan peragawati Ratih Sang juga menyatakan maju dalam pilkada Ngawi. Aktris film Ayu Azhari juga siap bertarung di Sukabumi. Ada lagi Ikang Fauzi yang akan bermain di Lampung dan sejumlah artis lainnya.

Laporan:  Rahmat Zeena | Makassar

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari
Media Gathering PUBG Mobile

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Selama Bulan Suci Ramadhan 2024 yang baru saja berlalu, pecinta Esport dan gamers disuguhkan berbagai kegiatan oleh PUBG Mobile.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024