POLITIK

KPK Gelar Perkara Suap Pejabat Pertamina

Innospec mengungkapkan telah menyuap pejabat Pertamina hingga US$ 8,5 juta.

ddd
Kamis, 1 April 2010, 09:38
 
  (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi hari ini akan menggelar rapat untuk membahas mengenai kasus suap yang diterima pejabat Pertamina dan BP Migas oleh perusahaan minyak Innospec.

"Akan menelaah apakah dari bahan-bahan yang sudah dikumpulkan, kasus ini bisa dinaikkan ke penyelidikan atau tidak," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, saat dihubungi, Kamis 1 April 2010.

Seperti dikutip dari laman Serious Fraud Office di www.sfo.gov.uk, Jumat 26 Maret 2010, disebutkan bahwa Innospec mengungkapkan telah menyuap pejabat Pertamina hingga US$ 8,5 juta atau sekitar Rp 77 miliar di Pengadilan Southwark, Inggris. Atas pengakuan itu, Innospec akan diganjar kewajiban membayar US$ 12,7 juta.

Transparency International Indonesia (TII) sudah mendesak Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan dan Kepala BP Migas R Priyono membawa dua petinggi Pertamina ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dua petinggi yang dimaksud TII adalah Suroso Atmomartoyo, mantan Direktur Pengolahan Pertamina serta mantan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Rahmat Sudibyo yang sudah diputuskan oleh Pengadilan Southwark Crown terbukti terlibat kasus suap perusahaan Innospec Ltd sebesar US.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
ima
01/04/2010
Indonesia menjadi negara terkorup kalau begitu masalah kprupsi pajak belum selesai di bicarakan sekarang malah korupsi pertamina....dunia alam semesta ini milik allah swt sang pencipta yang tidak membiarkan ciptaannya itu hidup tanpa aturan pasti dan ada
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id