Tak Bisa Pimpin BK, PDIP Didesak Ganti Gayus

VIVAnews - Salah satu Anggota Badan Kehormatan (BK) DPR Chairuman Harahap mengatakan, Gayus Lumbuun cenderung mengambil keputusan sendiri dalam kepemimpinannya di BK. Padahal, BK menganut sistem kepemimpian kolektif kolegial atau keputusan diambil berdasarkan kesepakatan bersama.

"Oleh teman-teman (BK) beliau dianggap tidak bisa memimpin BK yang kolektif kolegial," kata Chairuman Harahap dalam perbincangan telepon, Rabu 10 Maret 2010.

Gayus juga dianggap otoriter. Namun Chairuman enggan menjelaskan dalam hal apa dan bagaimana Gayus disebut otoriter itu. Politisi Golkar ini menilai hal itulah yang diduga memunculkan mosi tidak percaya terhadap Gayus sebagai Ketua BK.

"Yang jelas, ada yang sudah diputuskan (bersama) tapi kemudian dibatalkan (Gayus) tanpa bicara dengan teman-teman," kata politisi yang juga Wakil Ketua Pansus Angket Century.

Hal itu, kata Chairuman, yang membuat anggota-anggota BK lain merasa tidak nyaman dengan kepemimpinan Gayus. Oleh karena itu, anggota-anggota BK memohon Fraksi PDIP mengganti Gayus.

"Kita mohon supaya Fraksi PDIP mengganti (Gayus) dengan yang lain saja," kata Chairuman.

Namun Chairuman menekankan bahwa permohonan itu bukan bermaksud mengeluarkan Gayus dari keanggotaan BK. Gayus tetap anggota BK, tetapi hanya meminta Gayus diganti dengan anggota FPDIP lain untuk memimpin BK.

Chairuman juga membenarkan bahwa surat mengenai mosi tidak percaya yang ditandatangani oleh 9 (sembilan) anggota BK sudah dikirimkan kepada pimpinan DPR RI.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5

Sebelumnya, Gayus Lumbuun mempertanyakan mosi tidak percaya itu dalam hal apa. Sebab menurut Gayus, suatu mosi tidak percaya tidak bisa didasarkan atas faktor suka dan tidak suka dengan kepemimpinannya di Badan Kehormatan DPR.

"Jangan didasarkan suka atau tidak suka dengan kepimpinan saya," kata Gayus pagi tadi.

ismoko.widjaya@vivanews.com

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024