Polri: Wanita Hamil Dilarang Demo

VIVAnews - Polda Metro Jaya membantah melakukan tindakan kekerasan terhadap Wanita hamil, Dini Setyowati (26), di tengah demonstrasi angket Century pada 2 Maret 2010 di depan Gedung DPR. Aksi dilakukan aktivis dari Benteng Demokrasi Rakyat atau Bendera.

"Yang kita sayangkan dengan Dini jika terjadi kontraksi dan pendarahan, apa tidak berbahaya dengan janinnya? Kami justru sayang terhadap Dini," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Boy Rafli Amar, Jakarta, Senin 8 Maret 2010.

Polisi sendiri sudah mengeluarkan larangan dan pengamanan, mengingat kondisi pendemo adalah wanita yang tengah hamil. Dalam keadaan hamil seperti Dini, polisi khawatir ada pihak-pihak yang memanfaatkan Dini untuk membenturkan dengan petugas.

"Menjadi aktivis adalah hak setiap orang. Tapi jangan sampai, kita khawatirkan memanfaatkan wanita-wanita yang tidak layak seperti itu diikutkan," paparnya.

Lebih jauh Boy mengatakan, pihaknya hanya berupaya mengingatkan saja. Tindakan represif yang dilakukan polisi waktu itu, adalah untuk menghalau massa yang anarkis.

"Kita sifatnya mengingatkan saja. Dan waktu itu juga kita berupaya menghalau massa yang anarkis. Kita tidak tahu ada wanita hamil di situ. Yang kita lihat adalah massa yang anarkis. Dan sebenarnya wanita hamil dalam undang-undang dilarang ikut demo," paparnya.

Lebih jauh Boy mempertanyakan rencana gugatan Bendera terhadapnya atas kecurigaannya jika Dini adalah massa bayaran.

Ernando Ari Jago Banget, Timnas Indonesia Butuh Naturalisasi Kiper Inter Milan?

"Kenapa? Apa yang jadi salah dari saya? Saya kan wajib mengingatkan masyarakat agar yang unjuk rasa tidak cidera," ujarnya mengakhiri perbincangan.


Asyik Lawan Arah, Bus Pandawa 87 Diadang Kopassus

ismoko.widjaya@vivanews.com

YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Kisah Daud Kim, seorang YouTuber Korea Selatan belakangan ini telah menjadi perbincangan hangat. Ia dituding melakukan donasi untuk membangun masjid hanya demi konten.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024