Pimpinan Sidang Besok Tetap Marzuki Alie

VIVAnews - Aksi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Marzuki Alie yang menutup sidang paripurna secara sepihak, menuai kontroversi.

Namun, politisi Partai Demokrat ini tetap didaulat memimpin dalam sidang paripurna, besok, Rabu 3 Maret 2010.

"Besok sama, rapat paripurna akan dipimpin oleh Marzuki Alie," kata Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan usai rapat pimpinan Dewan, Selasa 2 Maret 2010.

"Masalah ini tidak perlu diperpanjang. Cukup," lanjut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Sementara, Wakil Ketua DPR, Pramono Anung menegaskan apapun, pimpinan DPR bersifat kolektif kolegial.

"Tapi, kami juga sudah  menyampaikan kritik kami secara terbuka kepada Pak Marzuki. Kita  semua menyesalkan insiden pada paripurna tadi. Tapi itulah bagian dari proses pembelajaran dan perbaikan bagi pimpinan," kata dia usai rapat pimpinan Dewan.

Dalam rapat, lanjut Pramono, Marzuki menyampaikan dia memimpin rapat paripurna tadi berdasarkan skenario yang disiapkan  oleh kesekjenan.

"Di mana agenda paripurna yang dibuat kesekjenan  hanya dua, yakni pelantikan Wakil Ketua DPR baru dan pembacaan  laporan hasil pansus Century," tambah dia.

Sebelumnya, Pramono mengaku terkejut dengan aksi Marzuki. "Saya sendiri terkejut, Marzuki Alie mengetok palu tanpa konsultasi dulu," kata Pramono.


Akibat aksi ketok palu Marzuki menutup sidang ini, sejumlah politisi menyerbu ke arah pimpinan sidang. Perdebatan sengit dan hujan interupsi terjadi saat Ketua DPR tidak memutuskan pengambilan voting dan keputusan atas kesimpulan Pansus dilakukan hari ini.

"Berdasarkan keputusan Badan Musyawarah DPR diputuskan hari ini hanya mendengarkan kesimpulan dan rekomendasi Pansus Century," kata Idrus Marham.

Satu per satu anggota DPR maju ke meja pimpinan DPR. Suasana tidak terkendali. Masing-masing fraksi berkerumun ke meja lima pimpinan DPR.

Akbar Faizal dari Hanura bahkan memegang podium pimpinan. Fraksi Golkar juga tak ketinggalan menyerang meja pimpinan.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto bersyukur suara yang diperoleh partainya pada Pemilu 2024, naik signifikan. Airlangga berterima kasih ke kader dan para caleg

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024