Presiden SBY Terima Penghargaan UNEP

VIVAnews -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menerima penghargaan dari United Nations Environment Programme (UNEP) atas inisiatif untuk tata kelola kelautan melalui kesepakatan Manado.

Penghargaan diserahkan langsung Direktur Eksekutif UNEP Achim Steiner saat Presiden Yudhoyono membuka pertemuan ke-11 Special Session of The UNEP Governing Council/Global Ministerial Environment Forum (GC-UNEP) di Bali International Convention Centre, Nusa Dua, Rabu, 24 Februari 2010.

Achim Steiner dalam sambutannya mengatakan cukup banyak kesadaran mengenai tantangan dan masalah lingkungan yang dihadapi saat ini, namun diperlukan kepemimpinan yang baik agar dapat menangani masalah lingkungan.

Ia mengatakan Presiden Yudhoyono telah memberikan contoh bagaimana isu lingkungan dikelola dan juga bagaimana pemerintah dapat secara aktif berperan dalam menyelesaikan masalah lingkungan melalui kebijakannya.

Sementara itu Presiden Yudhoyono mengatakan ia merasa bangga dan menyatakan penghargaan tersebut merupakan dorongan positif bagi dirinya dan masyarakat Indonesia untuk terus mengelola potensi kelautan termasuk terumbu karang.

"Atas nama pemerintah dan rakyat indonesia ucapkan terima kasih UNEP award leadership Marine Management. Semoga penghargaan ini bisa mendorong rakyat indonesia dan pemerintah untuk mengelola laut lebih baik di masa depan," katanya.

Indonesia bersama negara-negara yang masuk dalam kawasan segitiga terumbu karang (coral triangle) yaitu Malaysia, Papua Nugini, Filipina, dan Timor Leste serta kepulauan Solomon telah memiliki komitmen untuk melindungi kekayaan laut sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan rakyat.

SBY kepada para delegasi yang hadir juga menegaskan bahwa di tahun 2010 ini yang dicanangkan PBB sebagai tahun keanekaragaman hayati yang harus diwujudkan dalam aksi nyata. "Komitmen ini harus dijalankan dalam aksi nyata guna menekan kepunahan yang terjadi saat ini," pungkasnya.

Pertemuan ini dihadiri 130 negara dan lebih dari 1.000 delegasi. Dalam pertemuan juga dinyanyikan lagu ciptaan SBY yang berjudul save our planet oleh paduan suara Universitas Udayana.

Laporan: Dewi Umaryati | Bali

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024