TUTUP
TUTUP
POLITIK

Selebritis di Panggung Politik Indonesia

Banyak selebritis yang berhasil, tapi tidak sedikit pula yang tamat riwayatnya.
Selebritis di Panggung Politik Indonesia
Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf (Humas Pemprov Jabar/ Alif Nur Anhar)

VIVAnews - Dunia politik dan dunia selebritis kini tidak dapat dipisahkan. Banyak selebritis Indonesia yang saat ini duduk di kursi DPR, seperti Tantowi Yahya, Rachel Mariam, Rieke Dyah Pitaloka, Tere, Primus Yustisio, dan masih banyak lagi. Mereka terpilih menjadi anggota DPR pada Pemilihan Umum Legislatif 2009 lalu.

Tidak hanya di DPR, beberapa selebritis Indonesia juga mewarnai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di berbagai daerah. Rano Karno dan Dede Yusuf adalah contoh selebritis yang berhasil menang dalam Pilkada. Rano Karno kini menjadi wakil Bupati Tangerang, sedangkan Dede Yusuf kini menjadi wakil Gubernur Jawa Barat.

Selain mereka, masih banyak selebritis lain yang juga ikut dalam pertarungan Pilkada di berbagai daerah, seperti Helmi Yahya sebagai calon wakil Gubernur Sumatera Selatan, pelawak Qomar sebagai calon Bupati Indramayu, Syaiful Jamil sebagai calon wakil Bupati Banten, dan lain sebagainya. Namun mereka tidak berhasil menang.

Meski begitu daya tarik panggung politik masih memukau bagi kalangan seleb. Kini muncul lagi beberapa selebritis yang akan mengikuti Pilkada di berbagai daerah. Salah satunya adalah Ayu Azhari yang kini ramai dibicarakan publik. Parpol yang ditungganginya adalah PDI Perjuangan. Istri Mike Trump itu maju dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi sebagai bakal calon wakil Bupati mendampingi  Hariyanto, bakal calon Bupati yang merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Matahari Bangsa.

Majunya artis yang memiliki nama lengkap Khadijah Azhari itu menuai pro dan kontra di masyarakat. Beberapa masyarakat tidak setuju karena Ayu Azhari pernah terkenal sebagai artis “panas” dan dia dianggap belum mengetahui banyak tentang Sukabumi. Sedangkan beberapa masyarakat lain menganggap pencalonan Ayu Azhari sah-sah saja.

Tidak hanya Ayu Azhari yang akan bertarung dalam Pilkada 2010. Ratih Sanggarwati, mantan peragawati yang kini menggunakan jilbab juga mencalonkan dirinya menjadi Bupati Kabupaten Ngawi, Jawa Tengah pada pilkada yang akan diadakan Mei mendatang.

Wanita kelahiran Ngawi, 8 Desember 1962 itu didukung oleh tiga partai, yaitu Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera. Dia pun sangat yakin bisa terpilih untuk memimpin kabupaten yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah itu.

Ikang Fauzi, selebritis yang terkenal sebagai penyanyi rock juga tidak mau kalah. Setelah istrinya yang terjun ke dunia politik, suami Marissa Haque itu maju dalam Pilkada Kabupaten Lampung. Dia mencalonkan diri sebagai wakil bupati menemani Zainudin Hasan yang didukung Partai Amanat Nasional.

Walaupun istrinya pernah gagal bertarung dalam Pilkada Banten karena dikalahkan Ratu Atut, Ikang Fauzi tidak gentar. Ia menjadi selebritis pertama yang ikut dalam pemilihan kepala daerah Lampung.

Ayu Azhari, Ratih Sanggarwati, dan Ikang Fauzi bisa saja menang dan juga bisa kalah. Pilkada-pilkada sebelumnya memperlihatkan tidak semua selebritis yang ikut dalam Pilkada pasti bisa lolos. Semua kembali pada masyarakat, mau memilih selebritis sebagai pemimpin mereka atau tidak.

Laporan: Djamilah

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP