KPK Telusuri Asal Usul Harta Hibah Ketua BPK

VIVAnews - Harta Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, Hadi Poernomo, diketahui sebagian besar adalah berasal dari dana hibah. Komisi Pemberantasan Korupsi pun mempertanyakan dasar harta hibah itu.

"Hibah ini dasarnya apa?" kata Wakil Ketua Bidang Pencegahan KPK, M Jasin, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 17 Februari 2010.

Menurut Jasin, KPK saat ini masih memverifikasi harta milik mantan Dirjen Pajak itu. KPK akan melakukan klarifikasi sekiranya tim verifikasi mengidentifikasi ada hal yang perlu diklarifikasi dalam kekayaan Hadi itu. "Masih dalam proses, sedang berjalan," ujarnya.

Berdasarkan data LHKPN Hadi Poernomo tertanggal 14 Juni 2006, terungkap mantan Dirjen Pajak itu memiliki harta dengan total Rp 26.061.814.000 dan US$ 50 ribu. Jumlah ini meningkat sekitar 100 persen dibanding harta Hadi pada 6 Juli 2001. Pada tanggal itu, Hadi memiliki harta Rp 13.855.379.000 dan US$ 50 ribu.

Dari rincian harta yang dimiliki, Hadi diketahui memiliki sejumlah tanah dan bangunan yang berasal dari hibah. Bahkan dalam kurun lima tahun itu, Hadi memperoleh sembilan tanah dan bangunan yang berasal dari hibah.

Tak hanya tanah dan bangunan yang berasal dari hibah. Hadi juga memiliki harta berupa barang seni senilai Rp 1 miliar. Barang seni yang berasal dari hibah itu diperoleh pada 1979. Selain itu, dia juga memperoleh hiba berupa logam mulia pada 1972 senilai Rp 100 juta.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024