Bagi Gus Dur, Hanya Ada 2 Masalah

VIVAnews - Sejumlah tokoh mempunyai kenangan sendiri terhadap sosok mantan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Salah satu di antaranya adalah politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Permadi.

Awalnya, Permadi cukup bingung dengan sikap Gus Dur yang selalu santai dalam menghadapi masalah terberat sekalipun. Bahkan, saat akan dilengserkan dari kursi presiden, Gus Dur tetap tenang.

"Setelah saya tanya ke orang dekatnya, saya baru tahu bahwa Gus Dur menganggap hanya ada dua masalah di dunia ini," ujar Permadi dalam acara "Malam Doa untuk Guru Bangsa Gus Dur" di halaman gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Sabtu 2 Januari 2010.

Pertama, adalah masalah yang dapat diselesaikan. Namun, kata Gus Dur, itu bukanlah suatu masalah, karena dapat diselesaikan.

Kedua, masalah yang tidak dapat diselesaikan. "Untuk masalah yang tidak dapat diselesaikan, jangan diambil pusing untuk dipikirkan. Kan tidak dapat diselesaikan," ujar Permadi menirukan perkataan teman dekat Gus Dur.

Dengan begitu, sebenarnya Gus Dur tidak merasa mempunyai masalah dalam hidupnya. Kontan, massa yang berkumpul di halaman gedung KPK tertawa mendengar cerita Permadi.

arinto.wibowo@vivanews.com

Jokowi Resmikan Huntap hingga Proyek Infrastruktur Pascabencana di Sulteng
Bea Cukai layani ekspor pakaian dalam wanita

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

Bea Cukai layani ekspor puluhan ribu pakaian dalam wanita asal Kabupaten Bantul ke Amerika dan Inggris pada Kamis (21/03).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024