Sejuta Lilin untuk Gus Dur di Tugu Proklamasi

VIVAnews - Meski diguyur hujan deras, puluhan tokoh lintas agama tetap memadati area Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu malam 2 Januari 2010 untuk mengikuti pembacaan doa bersama dalam acara "Sejuta Lilin Duka Lintas Iman untuk Gus Dur".

Berdasarkan pantauan VIVAnews, sejumlah tokoh yang dinaungi payung berwarna merah putih itu tetap bertahan di area tersebut.

Tokoh nasional yang hadir dalam acara tersebut di antaranya Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim, pengacara Todung Mulya Lubis, tokoh Islam Syafi'i Anwar, perwakilan agama Khonghucu Bunsu Mulyadi, Brahma Cari (Hindu), dan Uskup Bandung Johannes Pujasumarta (Kristen).

Menurut Johannes, dirinya menyempatkan hadir dalam acara tersebut karena sangat terkesan dengan pribadi Gus Dur.

"Saya merasa kehilangan. Oleh karena itu, saya sempatkan datang ke Jombang dan bisa dekat dengan jenazah sebelum dimakamkan," ujarnya.

Gus Dur, dia melanjutkan, konsisten dalam membela kaum minoritas, karena memiliki visi besar.

"Saya sependapat jika Gus Dur diberi gelar Pahlawan Nasional. Kontribusi beliau tidak hanya untuk Islam, tapi juga kepentingan bangsa," ujar dia.

arinto.wibowo@vivanews.com

Aliando Sebut Prilly Latuconsina Mantan Terindah, Ada Penolakan Main Film Bareng?
Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Galih Loss sudah Minta Maaf soal Video 'Serigala', Polisi beri Jawaban Menohok

Meski TikToker Galih Loss minta maaf atas konten berbau penodaan agama yang dibuat, polisi menegaskan proses hukum terhadap apa yang dilakukan Galih tetap berlanjut.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024