POLITIK

Angket Century

Panitia Angket Sepakati Tanya Soal Merger

Bank Century merupakan hasil merger dari tiga bank, Bank Pikko, Bank CIC, dan Bank Danpac.

ddd
Senin, 21 Desember 2009, 10:54
Century Bank
Century Bank (VIVAnews/Tri Saputro)

VIVAnews - Panitia Khusus (Pansus) Angket Century memanggil sejumlah mantan petinggi Bank Indonesia (BI) terkait pengelontoran dana talangan (bail out) Rp 6,7 triliun ke Bank Century. Pertanyaan fraksi dalam rapat hari ini bersifat tematis dan fokus.

"Kita sepakati rapat hari ini soal merger," kata Ketua Pansus Idrus Marham dalam rapat Pansus di gedung DPR, Senin 21 Desember 2009.

Bank Century merupakan hasil merger dari tiga bank, Bank Pikko, Bank CIC, dan Bank Danpac pada 2004.

Sejauh ini, ada dua mantan petinggi BI yakni Burhanuddin Abdullah dan Anwar Nasution. Salah satu anggota Pansus, Benny K Harman, meminta agar Pansus fokus pada kebijakan. "Saya usulkan supaya saat ini yang kita selidiki adalah pimpinan lembaga yang mengeluarkan kebijakan itu. Siapa yang jadi Gubernur BI saat itu," kata dia.

Saksi lainnya, kata dia, duduk di belakang saksi yang saat itu menjadi pimpinan BI. "Kita tidak menyelidiki tindak pidana secara individu. Tapi, kita menilai kebijakan apakah melanggar atau tidak," kata dia.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
Pemerhati
21/12/2009
Wah makin seru nih..kalau soal kebijakan merger 'dipersalahkan" artinya Pangket setuju dong kalau kondisi bail out merupakan aibat kebijakan yang salah terkait merger tiga bank menjadi Century..Ibarat SMI & BO hanya tukang cuci piring kebijakan-nya AP & A
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com

Konten ini dikirimkan oleh pembaca anggota VIVAlog