Ujian Hakim Ad Hoc Tipikor Boleh Buka Buku

VIVAnews - Sebanyak 313 calon hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak Pidana Korupsi lolos dari tahap administrasi. Mereka kemudian akan melalui ujian tertulis pada Senin 14 Desember 2009.

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 12/PANSEL/AD HOC TPK/XII/2009 tanggal 10 Desember 2009, Panitia Seleksi Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan Tindak PIdana Korupsi mengumumkan sebanyak 313 Calon Hakim Ad Hoc Tindak Pidana Korupsi yang dinyatakan "Lulus Seleksi Administrasi".

"Nanti pada 14 Desember mereka akan mengikuti ujian tertulis dan monggo buka buku," kata Wakil Ketua Panitia Seleksi, Hatta Ali, saat dihubungi, Jumat 11 Desember 2009.

Hatta Ali menjelaskan, soal ujian tertulis akan berkisar pada teori dan studi kasus. "Jadi biar sistem buka buku, mereka belum tentu dapat mengerjakannya," ujar Hatta Ali yang juga adalah juru bicara MA itu.

Hatta Ali menjelaskan, sebanyak 254 calon hakim Ad Hoc itu nantinya akan mengisi tujuh Pengadilan Tipikor dari tingkat pertama hingga banding. Sedangkan 59 calon akan berebut menjadi hakim Ad Hoc Tipikor di tingkat Mahkamah Agung.

Tujuh Pengadilan Tipikor yang dipersiapkan itu adalah di Medan, Palembang, Bandung, Surabaya, Makassar, Samarinda, dan Semarang.

Seperti diketahui, pembentukan Pengadilan Tipikor ini merupakan amanat dari UU Pengadilan Khusus Tipikor.

Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat
Apel persiapan keberangkatan bantuan kemanusiaan Indonesia ke Gaza

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

 Bantuan kemanusiaan Indonesia via udara atau airdrop untuk warga Gaza, Palestina, diberangkatkan dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 J milik TNI Angkatan Udara

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024