Hak Angket Kasus Century

"Ketua Pansus Harus Punya Kemauan Membongkar"

VIVAnews - Fraksi di DPR saling mengklaim pantas memimpin Panitia Khusus kasus dana talangan (bail out) Bank Century senilai Rp 6,7 triliun. Seperti kriteria yang pantas memimpin pansus ini?

"Yang pasti harus punya kemauan untuk membongkar kasus ini," kata Direktur Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gadjah Mada Zainal Arifin Muchtar, Jumat 4 Desember 2009.

Meski syarat itu yang utama, namun pimpinan Pansus Century pun harus memiliki kemampuan untuk syarat dukungan. "Dia harus punya kemampuan substansif."

Artinya, kata Zainal, sang ketua harus paham soal hukum, masalah penggelontoran dana itu sendiri, keuangan, dan perbankan. "Saya perkirakan pansus ini akan hujan interupsi dan perdebatan. Ketua Pansus harus mampu mengatur semua ini jangan sampai kontraproduktif," kata dia.

Zainal meminta agar ketua pansus bukan dari koalisi yang baru belakangan masuk Hak Angket Century. "Kalau sedari awal sudah membela, kan dipertanyakan kepentingannya apa?" kata dia.

Sebanyak 30 nama anggota pansus akan diumumkan dalam rapat paripurna hari ini. Setelah disahkan, mereka dapat langsung memulai koordinasi dan rapat untuk menentukan ketua pansus dan segera bekerja menuntaskan skandal Bank Century.

Sesuai Undang-undang, Demokrat mendapat hak 8 anggota panitia, Golkar 6 anggota dan PDIP 5 anggota. PDIP merupakan inisiator Angket bersama dua fraksi lain yakni Partai Hati Nurani Rakyat dan Partai Gerakan Indonesia Raya.

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah
Ilustrasi buah-buahan.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Tak melulu harus mengonsumsi pil vitamin c, kebutuhan akan vitamin C dapat dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin ini. Berikut adalah beberapa buah y

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024