Gabung ke Pemerintah, PAN Klaim Beri Harapan Baru

Penutupan Kongres PAN
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
VIVA.co.id
Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat
- Partai Amanat Nasional mengklaim bahwa dengan bergabung ke pemerintah, mereka dapat memberikan harapan baru. Menurut Anggota Fraksi PAN Ahmad Najib Qadratullah, partainya ingin menciptakan stabilitas politik.

PAN Minta Warga Surabaya Rela Lepas Risma ke DKI

Ia melanjutkan, apa yang dilakukan PAN sebenarnya ingin mencairkan sekat-sekat yang ada saat ini. Sehingga, timbul harapan baru dengan memberikan kepercayaan kepada dunia usaha dan investor.
Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama


Menurut dia, ini baru langkah awal inisiatif, sehingga bergabungnya PAN ke koalisi pendukung pemerintah tidak bisa langsung bereaksi terhadap naiknya harga dollar.


"Ini perlu waktu dan langkah upaya PAN mencairkan peta yang ada. Ini juga baru berhasil, apabila mendapat dukungan dari seluruh partai-partai yang ada bagaimana pun bentuk dukungannya itu. Tapi yang pasti, KMP (Koalisi Merah Putih) sudah memberikan dukungan, Partai Golkar sudah memberikan dukungan," ujar Najib di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 5 September 2015.


PAN, kata Najib, melihat bahwa ada semacam kebuntuan politik di tengah situasi global yang seperti ini. Selain karena terjepit dengan kondisi global, pemerintah juga terjepit oleh persoalan politik.


"Komposisi, atau peta politik sekarang ini dengan sekat-sekat dan multipolar, ternyata bermuara dengan terus menerus meningkatnya dolar dan ancaman PHK tenaga kerja semakin hari semakin membesar," ungkap Najib.


Najib menambahkan bahwa saat ini, diperlukan bentuk kontribusi baru, karena faktanya ada penurunan situasi ekonomi yang terjadi terus menerus. Sehingga, kata dia, ancaman kesatuan nasional semakin hari semakin terasa.


"Apa yang terjadi di Timur Tengah itu memberikan gambaran dan kita tidak boleh menganggap itu tidak mungkin terjadi di Indonesia. Sebetulnya, terobosan ini yang ingin dilakukan PAN," kata dia.


Najib menekankan, apa yang dilakukan PAN akan berhasil memperkokoh kesatuan bangsa dan meningkatkan ekonomi apabila mendapatkan dukungan.


"Dukungan tidak harus berada di dalam pemerintahan, tetapi harus ada komunikasi baru. Ada cara kerja sama baru, karena kerja sama pola lama ternyata muaranya seperti ini," ujar dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya