Tuntutan Trilayak Buruh Harus Dipenuhi

Rieke Diah Pitaloka, Anggota Komisi IX DPR
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Ribuan buruh hari ini Selasa 1 September 2015 menggelar aksi demo di berbagai kota. Tuntutan mereka beragam, mulai dari soal upah, penurunan harga bahan pokok, jaminan pensiun, dan penolakan kenaikan harga BBM.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka memandang bahwa para buruh ini bergerak bukan tanpa alasan. Mereka ingin tuntutan dan hak-haknya terpenuhi, terutama soal keputusan kenaikan upah untuk tahun 2016.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Menurut Rieke, para buruh akan menghadapi tantangan yang besar kedepan. "Desember ini, kita akan memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) plus 6 negara lain lainnya. Mobilitas tidak hanya terjadi pada modal, barang, dan komoditas, tetapi juga pada tenaga kerja,” ujar Rieke.


Menurutnya, selama ini kesepakatan-kesepakatan mengenai MEA belum tersosialisasi secara baik kepada seluruh pihak terkait, yaitu pihak industri, pemberi kerja, dan pekerja.


"Belum ada road map kerja yang terintegrasi secara utuh antara Kementerian Industri, Kemendag, Kemenaker dan Kementerian BUMN,” ujar Rieke.


Untuk itu, ia mengatakan bahwa dirinya mendukung semua tuntutan buruh hari ini. "Saya juga mengingatkan Presiden Jokowi untuk memenuhi janji politik pada saat Pilpres, yaitu Trilayak. Kerja layak, upah layak, dan hidup layak,” kata Rieke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya