Dede Yusuf Tak Setuju Jawa Barat Diganti Pasundan

Dede Yusuf
Sumber :
  • VIVAnews/Beno Junianto

VIVA.co.id - Muncul wacana perubahan nama provinsi Jawa Barat menjadi Provinsi Pasundan. Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf, mengatakan bahwa wacana itu sudah sangat lama. Namun, dia tidak sepakat dengan perubahan nama tersebut.

"Nama Jawa Barat sudah sangat tepat. Ini karena mewakili tiga budaya besar yang ada di Jawa Barat," katanya saat dihubungi, Rabu 5 Agustus 2015.

Ketua Komisi IX DPR ini menjelaskan di Jawa Barat terdapat tiga entitas budaya besar yaitu Sunda, Cirebon dan Betawi. Menurutnya, semua terangkum dalam satu nama Provinsi Jawa Barat. Politisi Partai Demokrat itu justru khawatir, perubahan nama tersebut justru akan berdampak pada pembentukan provinsi baru.

"Nanti desakan untuk membentuk Provinsi Cirebon dan Provinsi Taruma Negara di wilayah Karawang dan Bekasi justru akan muncul kembali," katanya.

Dede berpendapat, permasalahan membangkitkan kembali identitas orang Sunda bukan dengan mengganti nama provinsi. Namun dengan memacu prestasi orang Sunda itu sendiri.

Disindir Jokowi Soal Anggaran, Ini Kata Gubernur Aher

"Selain itu, pemerintah daerah harus benar-benar menjaga budaya yang ada, misalnya meningkatkan anggaran untuk menjaga berbagai situs dan mengembangkan wacana budaya Sunda. Sehingga, identitas orang Sunda terjaga dan berkembang," katanya.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi telah menerima usulan perubahan nama tersebut. Perubahan nama itu diusulkan oleh tim pengkaji perubahan nama Provinsi Jawa Barat.

"Saya selaku pribadi, menyambut baik prakarsa perubahan nama Provinsi Jawa Barat dan memberikan dukungan terhadap gerakan aspirasi ini," kata Menteri Yuddy, di Kantor Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Selasa, 4 Agustus 2015.

Tim pengkaji perubahan nama menyampaikan, pergantian nama dari Jawa Barat menjadi Pasundan didasari oleh identifikasi nilai-nilai sejarah, kesukuan di tanah Pasundan. Bahkan, nama Pasundan sudah dikehendaki menjadi nama provinsi di barat Pulau Jawa itu sejak zaman penjajahan Belanda lalu. (ren)

Kapal Pisang VI Ditemukan tapi 11 Awaknya Masih Hilang

Kapal Pisang VI Ditemukan, 11 Awaknya Masih Hilang

Kapal itu ditemukan dalam kondisi terbalik dan terombang-ambing.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016