Pramono: Banyak Artis di DPR Yang Terjebak Dalam Keartisannya

Wakil Ketua DPR Pramono Anung
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVAnews
Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?
- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Pramono Anung menilai sebenarnya wajah DPR yang babak belur saat ini bukan dikarenakan banyaknya artis yang menjadi anggota dewan. Sebab, kata dia, saat ini artis yang duduk di parlemen jumlahnya hanya 18 orang dari 560 anggota.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Namun, kata Pram, memang masih banyak artis yang terjebak dengan keartisannya. Sehingga, dia lupa pada tugas utamanya, yaitu fungsi pengawasan, legislasi dan
Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
budgeting.

"Kami akan lihat 2014 apakah akan menghiasi lagi atau tidak," kata Pramono di Gedung DPR, Kamis 2 Mei 2013.


Menurut Pram, hanya sedikit artis yang benar-benar mampu melakukan tugas-tugas kedewanannya. Misalnya, Ruhut Sitompul, Rieke Diah Pitaloka, Dedy Gumelar, Tantowi Yahya, Nurul Arifin dan Vena Melinda.


"Mereka memang punya peluang di publik dengan latar belakang artis," ujar dia.


Sementara, pengamat politik dari Universitas Indonesia, Tjipta Lesmana, berpendapat sebaiknya, pada Pemilu 2014, jangan sampai artis masuk ke Senayan. Sebab, dapat menimbulkan kemerosotan citra DPR.


"Banyak artis yang
nggak
pernah ngomong sama sekali. Ini yang bodoh parpolnya. Wakil rakyat ini kedudukannya amat terhormat, sangat berat, mengawasi pemerintah," ujar Tjipta.


Tapi, memang tidak semua artis yang duduk di Senayan, kata dia, tidak bisa melaksanakan fungsi kedewanannya. "Ada memang yang berlatar belakang artis yang punya kualitas bagus. Tapi sebagian besar tidak bagus," sambungnya. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya