Mengapa Rustriningsih Tersisih di Pilgub Jateng

Rustriningsih
Sumber :
  • VIVAnews/ Puspita Dewi
VIVAnews
Pimpinan Golkar di Daerah Minta Airlangga Dipilih secara Aklamasi di Munas, Menurut Sekjen
- Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih dikenal sebagai figur yang populis di akar rumput. Kesuksesannya semasa menjabat Bupati Kebumen membuatnya masuk figur atau tokoh daerah yang diperhitungkan.

Analisis Metabolisme Tubuh dan Kebutuhan Nutrisi Lewat Tes DNA

Namun demikian, Rustri ternyata tersisih dari persaingan calon gubernur di internal partainya, PDI Perjuangan. Karakter dan perilaku elit yang buruk menjadi penjelasan mengenai fenomena tersebut.
Elite Gerindra Sebut Polri Sudah "On the Track" Tangani Kasus Firli Bahuri


"Tingkat sentralitas partai sangat tinggi
membuat kasus Rustrining di Jawa Tengah terjadi," kata pengamat politik Arya Budi dalam sebuah diskusi tentang Pemilu di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, Rabu 17 April 2013.


Arya menuturkan sejak reformasi tahun 1999, partai politik tidak mampu melahirkan seorang figur. Sebaliknya, figurlah yang melahirkan partai politik.


"Gus Dur, Megawati, SBY, tidak dilahirkan partai tetapi mereka yang melahirkan partai," ujarnya.


Arya melanjutkan kondisi tersebut semakin parah dalam konteks pilkada-pilkada di daerah. Para figur calon kepala daerah justru yang mendikte partai politik.


"Apa yang menjelaskan Foke bisa membuat koalisi raksasa? Foke punya kapasitas membeli partai, begitu juga dengan Bibit Waluyo. Kandidat seperti ini tidak sepunuhnya dikendalikan partai, justru sebaliknya figur mengendalikan partai," katanya.




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya