Anjing Pintar Menelpon

VIVAnews. Julukan "Anjing Penyelamat Manusia" pantas disematkan kepada Buddy, setelah menyelamatkan nyawa majikannya, Joe Stalnaker. Anjing ras gembala Jerman tersebut mampu menghubungi nomor pertolongan darurat "911" lewat sambungan telepon saat Stalnaker menderita kejang-kejang, Rabu 10 September 2008. Ternyata, "Ini bukan pertama kalinya Buddy menyelamatkan pemiliknya," kata polisi di distrik Scottdale, kota Phoenix, Amerika Serikat, Minggu 14 September 2008.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Dari rekaman yang diambil dari saluran 911 terdengar salakan Buddy sebagai jawaban atas pertanyaan yang dilontarkan oleh operator. Tiga menit kemudian para petugas kepolisian tiba di rumah Stalnaker dan disambut gonggongan Buddy.

Polisi akan segera dikirim ke tempat kejadian perkara setiap kali ada yang menghubungi nomor darurat 911. Apalagi dalam sistem kepolisian Scottdale, alamat Stalnaker ditandai sebagai rumah yang dijaga oleh "asisten terlatih" yang berhak melakukan panggilan darurat bilamana pemilik rumah tidak mampu melakukannya. "Peristiwa semacam ini jarang sekali terjadi, bahkan para petugas yang telah lama bertugaspun belum pernah mengalami peristiwa ini," kata polisi Scottdale, Mark Clark.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Stalnaker mengadopsi dari Michigan Buddy saat anjing itu berumur delapan pekan. Kemudian Stalnaker melatihnya untuk mengangkat gagang telepon jika majikannya sedang mengalami serangan kejang. Buddy, yang sekarang berumur 18 bulan, mampu menekan nomor darurat 911 dan menunggu sampai ada operator yang merespon.

Serangan kejang yang sering dialami Stalnaker merupakan efek dari cedera kepala yang dialaminya sepuluh tahun lalu saat mengikuti pelatihan militer. Setelah serangan kejang itu, Stalnaker menghabiskan dua malam di rumah sakit. Namun, nomor telepon Stalnaker tidak terdaftar di buku telepon dan dia tidak segera memberi tanggapan atas pemanggilan pihak kepolisian untuk wawancara.
(ap)

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024